iphone baru harus dicharge berapa jam ?

sumber image (technobezz.com)

ketika kita punya smartphone baru baik yang ios ataupun android pasti kita bertanya kepada orang yang udah duluan pakai smartphone tersebut mengenai cara pemakainnya dan lain-lain. penyataan itu sangat sering dilakukan oleh orang yang baru beli smartphone baru.

pertanyaan yang paling sering di tanyakan yaitu berapa lama smartphone ini harus di charger setelah pembelian, atau di pakai langsung kemudian setelah habis baterai baru di charger atau charger dulu baru kemudian menggunakannya.

karena saya menggunakan iphone jadi saya akan membahas mengenai berapa lama iphone ini harus di charger setelah kita membelinya atau dengan kata lain masih baru atu pemakain pertama. 

apple iphone menggunakan baterai lithium ion 
baterai lithium ion tidak harus diperlakukan seperti baterai jaman dulu yang menggunakan nikel metal hydride (Ni-MH).

apa perbedaan antara baterai lithium ion dengan type Ni-MH, dimana baterai Ni-MH itu ada keharusan mengosongkan baterai terlebih dahulu sebelum dicharger, fungsinya yaitu untuk mendapatkan kapasitas maksimal.

tanggapan yang mencul mengenai posel baru, ada yang mengatakan bahwa ponsel baru perlu dicharger lebih lama supaya sel-sel di dalamnya terpenuhi dan bisa terisi maksimal.

tetapi pada kenyataannya bahwa perlakuan tersebut tidak di butuhkan, kalau kita perhatikan di buku panduan ponsel, bisanya hanya di sebutkan untuk mencharger sampai penuh saja.

Ada pendapat bahwa baterai lithium ion jangan di biasakan baterai dipakai sampai habis karena bisa mempengaruhi umur cycling baterai yang akan menjadi lebih pendek.

mengapa harus lithium ion ?
jika di bandingkan dengan baterai berteknologi traditional, baterai lithium ion megisi daya lebih cepat, kemudian bertahan lebih lama, dan memiliki kepadatan yang tinggi dalam kemasan yang lebih ringan.

saran saya bagi yang baru punya iphone sebaik di chargerlah pada saat baterai kurang dari 30-20 %, sebaiknya jika baterai terpakai habis (kosong) sebaiknya di charger dalam bertahap. karena jika di charger dari 0% sampai 100% maka charger akan panas dan ponsel pun sedikit panas, ini merupakan pengalaman saya dalam hal charger 0%-100%. ketika sedang dicharger alangkah sebaiknya ponsel di gunakan menu pesawat terbang dan sedang tidak dalam menggunakannya agar baterai cepat terisi penuh.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "iphone baru harus dicharge berapa jam ?"

  1. Saya beli Iphone 6s plus baru. Pas saya buka batunya 10%. Saya cas sampe penuh ko lama ya sampe 5jm baru 100%. Apakah sama jaya yg lain ataw punya saya saja ?

    ReplyDelete

close